10 Amalan Sunah Di Hari Jumat Yang Ringan Dilakukan

4 Likes Comment

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat datang kembali, teman-teman! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang 10 amalan sunah di hari Jumat yang ringan dilakukan. Mari kita simak bersama-sama!

1. Shalat Jumat

Amalan sunah pertama yang sangat dianjurkan dilakukan di hari Jumat adalah shalat Jumat. Shalat ini merupakan kewajiban bagi setiap muslim dewasa yang telah memenuhi syarat-syaratnya. Menghadiri shalat Jumat juga memberikan keutamaan dan keberkahan bagi kita.

2. Membaca Surat Al-Kahfi

Surat Al-Kahfi adalah salah satu surat dalam Al-Qur’an yang memiliki banyak keutamaan. Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya untuk membaca surat ini pada hari Jumat. Membaca Surat Al-Kahfi di hari Jumat akan mendatangkan keberkahan dan perlindungan dari fitnah.

3. Memberi Sedekah

Sedekah merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Di hari Jumat, kita dapat memberikan sedekah dalam bentuk apa saja sesuai dengan kemampuan kita. Dengan memberikan sedekah di hari Jumat, Allah SWT akan melipatgandakan pahala kita.

4. Membaca Shalawat Nabi

Membaca shalawat Nabi merupakan amalan yang sangat dianjurkan, terutama di hari Jumat. Berbagai macam shalawat Nabi bisa kita baca, seperti Shalawat Nariyah, Shalawat Tibbil Qulub, atau shalawat lainnya. Dengan membaca shalawat Nabi, kita akan mendapatkan syafaatnya di akhirat later on.

5. Menyebarluaskan Ilmu

Menyebarluaskan ilmu juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan di hari Jumat. Kita dapat berbagi pengetahuan dengan orang lain, baik melalui ceramah, pengajian, atau media sosial. Dengan menyebarkan ilmu, kita dapat menjadi sarana berkah bagi orang lain.

Baca Juga:  Dividen adalah

6. Berzikir

Berzikir adalah salah satu amalan yang dianjurkan di setiap waktu, termasuk di hari Jumat. Kita bisa berzikir dengan membaca tasbih, tahmid, takbir, atau kalimat-kalimat pujian lainnya. Berzikir akan menjernihkan pikiran dan menguatkan hati kita dalam menghadapi segala cobaan.

7. Menjaga Kebersihan

Di hari Jumat, kita juga dianjurkan untuk menjaga kebersihan tubuh, pakaian, dan lingkungan. Dengan menjaga kebersihan, kita akan meraih keberkahan dan menunjukkan sikap yang baik kepada orang lain.

8. Mendoakan Orang Tua

Doa merupakan senjata bagi seorang muslim. Di hari Jumat, kita dapat membaca doa khusus untuk orang tua. Dengan mendoakan orang tua, kita akan mendapatkan pahala dan berkah dari Allah SWT.

9. Membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an adalah amalan yang sangat dianjurkan, terlebih di hari Jumat. Membaca Al-Qur’an dapat memberikan ketenangan jiwa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Mulailah membaca Al-Qur’an di hari Jumat, dan lakukanlah secara rutin setiap harinya.

10. Melakukan Dzikir Petang

Terakhir, amalan sunah yang dapat kita lakukan di hari Jumat adalah melakukan dzikir petang. Dzikir petang ini bisa dilakukan setelah shalat Ashar. Dengan berdzikir petang, kita akan mendapatkan ketenangan dan pahala dari Allah SWT.

Nah, teman-teman, itulah 10 amalan sunah di hari Jumat yang ringan dilakukan. Mari kita tingkatkan ibadah dan amalan kita, terutama di hari yang penuh berkah ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi motivasi untuk menjalankan ibadah dengan lebih baik. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

You might like

About the Author: Sonya Paramitha