Cara Cek Ijazah DIKTI

5 Likes Comment

Introduction

Sebelum memulai proses melamar pekerjaan atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, penting bagi setiap individu untuk memastikan bahwa ijazah mereka asli dan terdaftar di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI). Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara cek ijazah DIKTI. Berikut adalah panduan lengkap untuk memeriksa keabsahan ijazah DIKTI.

Langkah-langkah

Langkah 1: Persiapkan Data Penting

Sebelum memulai proses verifikasi, pastikan bahwa Anda telah menyiapkan data penting seperti nomor ijazah, nama perguruan tinggi, dan tahun kelulusan. Pastikan bahwa data yang Anda miliki benar dan sesuai dengan data yang tertera pada ijazah Anda.

Langkah 2: Kunjungi Website DIKTI

Untuk memulai proses cek ijazah DIKTI, kunjungi website resmi DIKTI di https://vervalpd.dikti.go.id/

Langkah 3: Pilih Jenis Pencarian

Pada halaman utama website DIKTI, pilih jenis pencarian yang ingin Anda gunakan. Saat ini, terdapat dua jenis pencarian yang tersedia, yaitu pencarian berdasarkan nomor ijazah atau pencarian berdasarkan nama lulusan.

Langkah 4: Masukkan Data Ijazah

Jika Anda memilih pencarian berdasarkan nomor ijazah, masukkan nomor ijazah Anda pada kolom yang tersedia. Jika Anda memilih pencarian berdasarkan nama lulusan, masukkan nama lengkap Anda pada kolom yang tersedia. Pastikan bahwa data yang Anda masukkan benar dan sesuai dengan data yang tertera pada ijazah Anda.

Langkah 5: Verifikasi Captcha

Sebelum menekan tombol “Cari”, Anda akan diminta untuk memasukkan kode captcha yang muncul pada layar. Pastikan bahwa Anda memasukkan kode yang sesuai untuk melanjutkan proses verifikasi.

Baca Juga:  Doa Itidal Usai Ruku

Langkah 6: Cek Keabsahan Ijazah DIKTI

Setelah memasukkan data yang dibutuhkan dan berhasil melewati proses captcha, sistem DIKTI akan menampilkan informasi mengenai keabsahan ijazah Anda. Periksa dengan seksama apakah data yang tertera sesuai dengan data yang tertera pada ijazah Anda. Jika ditemukan kesalahan, segera hubungi institusi pendidikan Anda untuk meminta perbaikan.

Langkah 7: Simpan Bukti Verifikasi

Setelah proses verifikasi selesai, simpan bukti verifikasi sebagai bukti keabsahan ijazah Anda. Bukti verifikasi ini dapat berguna di masa depan jika Anda perlu memperlihatkan ijazah Anda untuk melamar pekerjaan atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Conclusion

Melalui panduan ini, Anda telah mempelajari cara cek ijazah DIKTI dengan mudah dan efektif. Pastikan bahwa Anda selalu memastikan keabsahan ijazah Anda sebelum melamar pekerjaan atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

FAQs

1. Apa yang harus saya lakukan jika data ijazah saya tidak terdaftar di DIKTI?
Anda dapat menghubungi institusi pendidikan Anda untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut.

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan verifikasi ijazah?
Proses verifikasi akan memakan waktu kurang lebih 5-10 menit.

3. Apakah saya perlu membayar untuk melakukan verifikasi ijazah DIKTI?
Tidak, proses verifikasi ijazah DIKTI dapat dilakukan secara gratis.

4. Apakah saya dapat melakukan verifikasi ijazah DIKTI dari luar negeri?
Ya, Anda dapat melakukan verifikasi ijazah DIKTI dari mana saja selama Anda memiliki akses internet.

5. Apa yang harus saya lakukan jika data ijazah saya tidak sesuai dengan data yang tertera pada website DIKTI?
Segera hubungi institusi pendidikan Anda untuk meminta perbaikan data.

You might like

About the Author: Sonya Paramitha