Cara Cek Nuptk

4 Likes Comment

Pengenalan

Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) adalah nomor yang diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada guru dan tenaga kependidikan lainnya. Nomor ini penting untuk memastikan bahwa pendidik dan tenaga kependidikan tersebut terdaftar secara resmi dan sah di Kemdikbud.

Cara Mendapatkan NUPTK

Sebelum Anda bisa melakukan pengecekan NUPTK, Anda harus terlebih dahulu memilikinya. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendapatkan NUPTK:

1. Daftar di PDSPK

PDSPK adalah singkatan dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk mendaftar di PDSPK, Anda dapat mengunjungi situs web kemdikbud.go.id dan mengisi formulir yang tersedia.

2. Mengisi Data Diri

Setelah mendaftar di PDSPK, Anda akan diminta untuk mengisi data diri. Pastikan data yang Anda masukkan akurat dan lengkap.

3. Konfirmasi Data

Setelah mengisi data diri, Anda harus mengkonfirmasinya dengan cara mengirimkan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti KTP dan ijazah.

4. Mendapatkan NUPTK

Jika data Anda sudah diverifikasi, Anda akan diberikan NUPTK. Pastikan Anda menyimpan nomor ini dengan baik, karena Anda akan membutuhkannya untuk melakukan pengecekan NUPTK di kemudian hari.

Cara Cek NUPTK

Jika Anda ingin mengecek NUPTK Anda sendiri atau NUPTK seseorang, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Baca Juga:  Cara Cek Bansos PKH Tahap 4

1. Kunjungi Situs NUPTK Online

Anda dapat mengunjungi situs web tertentu yang menyediakan layanan pengecekan NUPTK online. Salah satu situs web tersebut adalah nuptk.dikdasmen.kemdikbud.go.id.

2. Masukkan Nomor NUPTK

Setelah mengunjungi situs tersebut, Anda diminta untuk memasukkan nomor NUPTK yang ingin Anda cek.

3. Klik Tombol “Cari”

Setelah memasukkan nomor NUPTK, klik tombol “Cari”.

4. Tunggu Hasil Pencarian

Setelah mengklik tombol “Cari”, Anda akan melihat hasil pencarian NUPTK. Jika nomor yang dimasukkan valid, maka akan muncul data diri pendidik atau tenaga kependidikan yang bersangkutan.

Penutup

Mengecek NUPTK penting untuk memastikan bahwa pendidik dan tenaga kependidikan yang kita ajak bekerja merupakan seseorang yang sah dan terdaftar resmi di Kemdikbud. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mendapatkan dan mengecek NUPTK.

FAQs

1. Apa itu NUPTK?

NUPTK adalah Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada guru dan tenaga kependidikan lainnya.

2. Mengapa NUPTK penting?

NUPTK penting untuk memastikan bahwa pendidik dan tenaga kependidikan yang kita ajak bekerja merupakan seseorang yang sah dan terdaftar resmi di Kemdikbud.

3. Bagaimana cara mendapatkan NUPTK?

Anda dapat mendaftar di PDSPK dan mengisi data diri. Setelah data Anda diverifikasi, Anda akan diberikan NUPTK.

4. Di mana situs pengecekan NUPTK?

Salah satu situs web yang menyediakan layanan pengecekan NUPTK online adalah nuptk.dikdasmen.kemdikbud.go.id.

5. Apa yang harus saya lakukan jika NUPTK saya tidak valid?

Jika NUPTK Anda tidak valid, segera hubungi PDSPK untuk mendapatkan bantuan.

You might like

About the Author: Sonya Paramitha