Cara Melakukan Passing Bawah Bola Voli

3 Likes Comment

Pendahuluan

Bola voli adalah olahraga yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Olahraga ini memiliki aturan main yang cukup sederhana, yaitu mengumpan dan melempar bola ke sisi lawan dengan tujuan agar bola tidak kembali ke sisi kita. Salah satu teknik dasar dalam permainan bola voli adalah passing bawah. Teknik ini digunakan untuk mengontrol bola yang datang dari lawan agar dapat diumpan ke rekan tim dengan lebih mudah dan akurat.

Langkah-langkah Melakukan Passing Bawah Bola Voli

Untuk melakukan teknik dasar ini, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Postur Tubuh yang Benar

Untuk melakukan passing bawah, pastikan postur tubuhmu benar. Berdiri dengan kaki selebar bahu dan fleksibel. Pastikan posisi badan miring kedepan sehingga kamu dapat dengan mudah menjangkau bola yang datang. Pastikan juga posisi lutut sedikit ditekuk agar lebih stabil.

2. Memantulkan Bola

Teknik dasar passing bawah bola voli adalah memantulkan bola ke arah rekan satu timmu. Untuk melakukan ini, pastikan bola bersentuhan dengan dekat bagian bawah pergelangan tanganmu. Sementara itu, badanmu harus sigap dan posisi lutut sedikit ditekuk agar stabil.

3. Meregangkan Lutut

Setelah memantulkan bola dengan benar, langkah selanjutnya adalah meregangkan kedua lututmu. Pastikan setiap gerakan memantulkan bola dan meregangkan lutut sejalan agar kamu dapat mengontrol bola dengan lebih mudah. Ingat, jangan terburu-buru.

4. Melakukan Gerakan Mundur Kaki

Setelah meluruskan lututmu, gerakkan salah satu kaki ke belakang dengan posisi unik. Gerakan ini berguna untuk menghasilkan ruang kosong yang cukup agar kamu dapat mengayunkan tangan dengan lebih leluasa. Pastikan juga posisi lututmu cukup ditekuk agar kamu bisa bergerak dengan mudah dan stabil.

Baca Juga:  Cara Dapat Kuota Gratis 3

5. Mengayunkan Lengan ke Depan

Setelah menempatkan kakimu dengan benar, saatnya sekarang untuk mengayunkan lengan ke depan agar dapat mengumpankan bola ke arah rekan satu timmu. Pastikan bola tersentuh dengan posisi dekat bagian bawah pergelangan tangan, dan dekat dengan bagian tengah badanmu agar gerakan passing bawahmu dapat terlihat lebih leluasa dan seimbang.

6. Praktikkan dan Jangan Cepat Menyerah

Terakhir, ingatlah bahwa mastering teknik dasar dalam olahraga membutuhkan waktu dan usaha yang memadai. Dalam latihan ini, semakin banyak kamu berlatih, semakin terampil kamu dalam mengontrol bola dan melaksanakan teknik passing bawah yang baik.

Kapan Melakukan Passing Bawah Bola Voli?

Teknik dasar passing bawah bola voli digunakan dalam situasi berikut:

  • Saat melakukan penerimaan servis
  • Saat menerima bola saat penyerangan lawan
  • Saat umpan balik langsung ke sisi lawan

Kesimpulan

Melakukan passing bawah bola voli adalah teknik dasar yang penting dalam permainan bola voli. Dengan memahami dasar-dasar teknik ini, kamu dapat meningkatkan permainanmu dan berkontribusi lebih banyak pada timmu. Teruslah berlatih dan jangan cepat menyerah untuk mencapai keberhasilan dalam olahraga bola voli.

FAQs

  1. Apakah passing bawah bola voli penting?

    Jawaban: Ya, sangat penting. Teknik dasar ini dapat meningkatkan performa kamu dalam olahraga bola voli.

  2. Bagaimana cara melakukannya?

    Jawaban: Pastikan postur tubuhmu benar, memantulkan bola, meregangkan kedua lututmu, melakukan gerakan mundur kaki, mengayunkan lengan ke depan, dan selalu berlatih.

  3. Kapan teknik dasar ini digunakan?

    Jawaban: Teknik dasar ini digunakan saat melakukan penerimaan servis, menerima bola saat penyerangan lawan, dan saat umpan balik langsung ke sisi lawan.

  4. Apakah susah melakukan teknik dasar ini bagi pemula?

    Jawaban: Tidak, dengan berlatih terus menerus, kamu bisa menguasainya.

  5. Bagaimana cara meningkatkan kemampuan dalam teknik dasar ini?

    Jawaban: Dengan berlatih terus menerus, memantau gerakanmu, dan mengikuti latihan yang diatur oleh pelatihmu.

Baca Juga:  Cara Hack Facebook Orang Lain

You might like

About the Author: Sonya Paramitha