Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

1 Like Comment

Saat menggunakan Microsoft Word, seringkali kita menemui garis merah yang menggaris bawahi kata-kata atau frasa-frasa dalam tulisan kita. Garis merah ini menandakan adanya kesalahan ejaan dalam dokumen. Meskipun berguna untuk menunjukkan kesalahan, terkadang hal ini bisa mengganggu dan mengacaukan tampilan teks yang kita tulis. Untungnya, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan garis merah di Word. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail langkah-langkahnya.

Memeriksa Konteks Kata

Pertama-tama, langkah awal yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan garis merah di Word adalah dengan memeriksa konteks kata yang dianggap salah oleh program. Seringkali kata-kata atau frasa-frasa yang dianggap salah sebenarnya adalah kata-kata yang masih jarang digunakan atau tidak ada dalam kosakata bawaan Word. Jika kata-kata tersebut benar dalam konteks tulisan kita, kita dapat menambahkannya ke dalam kamus personal kita agar tidak terus menerus dianggap salah oleh Word.

Caranya, buka menu Options pada Word dan cari bagian Proofing. Kemudian pilihlah Custom Dictionary dan tambahkan kata-kata yang ingin Anda tambahkan ke dalam kamus personal Anda. Dengan cara ini, garis merah mungkin tidak akan muncul lagi pada kata-kata yang telah Anda tambahkan.

Memeriksa Bahasa Dokumen

Langkah selanjutnya adalah memeriksa bahasa dokumen yang sedang kita tulis. Word memiliki kemampuan untuk mendeteksi bahasa yang digunakan dalam dokumen. Jika bahasa dokumen tidak cocok dengan pengaturan yang telah ditentukan, garis merah kemungkinan akan muncul di kata-kata yang sebenarnya benar secara ejaan.

Untuk mengganti bahasa dokumen, pergi ke menu Review dan pilih Language. Pilihlah bahasa yang sesuai dengan dokumen yang sedang Anda tulis. Setelah itu, Word akan mengubah pengaturan bahasa dan garis merah kemungkinan akan hilang dari kata-kata yang seharusnya tidak dianggap salah.

Baca Juga:  Kalimat Utama Adalah: Mengenal Konsep dan Fungsi Dalam Bahasa Indonesia

Menonaktifkan Pengecekan Ejaan

Jika Anda yakin bahwa kata-kata atau frasa-frasa dalam tulisan Anda benar secara ejaan, tetapi Word tetap menandainya dengan garis merah, Anda dapat menonaktifkan pengecekan ejaan. Namun, perlu diingat bahwa dengan menonaktifkan pengecekan ejaan, Word tidak akan lagi menandai kesalahan ejaan yang sebenarnya.

Untuk menonaktifkan pengecekan ejaan, buka menu Options pada Word dan cari bagian Proofing. Kemudian hilangkan tanda centang pada opsi “Check spelling as you type”. Setelah Anda menonaktifkan fitur ini, garis merah tidak akan muncul lagi pada kata-kata yang dianggap salah oleh Word.

Menggunakan Fitur AutoCorrect

Word juga menyediakan fitur AutoCorrect yang dapat membantu menghilangkan garis merah di Word. Fitur ini bekerja dengan menggantikan kata-kata yang dianggap salah oleh Word dengan kata-kata yang benar secara otomatis.

Anda dapat mengakses fitur AutoCorrect dengan pergi ke menu Options dan pilihlah Proofing. Cari bagian AutoCorrect Options, dan Anda akan melihat daftar kata-kata yang sering diubah oleh Word secara otomatis. Anda juga dapat menambahkan kata-kata dan frasa-frasa sendiri yang ingin diubah oleh Word.

Menjalankan Pemeriksaan Ejaan

Jika Anda telah melakukan semua langkah di atas dan masih menyisakan garis merah di Word, ada kemungkinan bahwa ada kesalahan ejaan yang sebenarnya dalam tulisan Anda. Untuk memeriksa kesalahan ejaan, Anda dapat menjalankan pemeriksaan ejaan secara manual.

Pilihlah teks yang ingin Anda periksa, atau jika ingin memeriksa seluruh dokumen, tidak perlu memilih teks apa pun. Kemudian pergi ke menu Review dan pilihlah Spelling & Grammar. Word akan mulai memeriksa ejaan dan menandai kata-kata yang dianggap salah dengan garis merah. Anda dapat memilih untuk mengubah atau mengabaikan setiap kata yang dianggap salah oleh Word.

Baca Juga:  Horizontal Adalah: Panduan Lengkap tentang Pengertian dan Penerapan

Kesimpulan

Menghilangkan garis merah di Word dapat menjadi hal yang mudah jika Anda tahu langkah-langkah yang tepat. Dengan memeriksa konteks kata, memeriksa bahasa dokumen, menonaktifkan pengecekan ejaan, menggunakan fitur AutoCorrect, dan menjalankan pemeriksaan ejaan, Anda dapat memastikan bahwa tulisan Anda bebas dari garis merah yang mengganggu. Ingatlah untuk selalu memeriksa kembali tulisan Anda sebelum mengirimkannya atau mencetaknya, untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan yang terlewatkan.

You might like

About the Author: Sonya Paramitha