Cara Pasang Listrik Baru Secara Online Via PLN Mobile

2 Likes Comment

Saat ini, dengan kemajuan teknologi, PLN (Perusahaan Listrik Negara) telah menyediakan layanan online untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pemasangan listrik baru. Melalui PLN Mobile, Anda dapat dengan mudah mengajukan permohonan dan melacak proses pemasangan langsung dari perangkat ponsel Anda. Dalam artikel ini, kita akan membahas tahap-tahap yang perlu Anda lakukan untuk memasang listrik baru secara online melalui PLN Mobile. Mari kita mulai!

1. Unduh dan Instal Aplikasi PLN Mobile

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh dan menginstal aplikasi PLN Mobile di perangkat ponsel Anda. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Android dan iOS dan dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store atau App Store. Setelah mengunduh aplikasi, ikuti petunjuk instalasi yang muncul di layar perangkat Anda.

2. Buat Akun PLN Mobile

Setelah berhasil menginstal aplikasi PLN Mobile, buka aplikasi dan buat akun baru. Ada beberapa informasi pribadi yang perlu Anda masukkan, seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Pastikan untuk memasukkan informasi yang valid dan akurat. Setelah mengisi semua informasi yang diperlukan, tekan tombol “Daftar” untuk menyelesaikan proses pembuatan akun.

3. Login ke Akun Anda

Selanjutnya, login ke akun PLN Mobile yang baru Anda buat. Masukkan alamat email atau nomor telepon yang terdaftar dan kata sandi yang Anda buat saat pendaftaran. Setelah berhasil login, Anda akan diarahkan ke beranda aplikasi PLN Mobile.

Baca Juga:  Edukasi Adalah: Menjadi Pilar Penting dalam Pembentukan Masyarakat yang Berkualitas

4. Pilih Menu “Pemasangan Listrik Baru”

Pada beranda aplikasi PLN Mobile, Anda akan melihat berbagai menu pilihan. Cari dan pilih menu “Pemasangan Listrik Baru”. Biasanya, menu ini dapat ditemukan di bagian bawah layar atau dalam daftar menu dropdown. Setelah Anda memilih menu tersebut, Anda akan diarahkan ke halaman permohonan pemasangan listrik baru.

5. Isi Formulir Permohonan

Pada halaman permohonan, Anda akan menemukan formulir yang perlu Anda isi dengan informasi yang benar. Formulir ini biasanya mencakup informasi seperti nama pemohon, alamat instalasi listrik, daya listrik yang dibutuhkan, dan keterangan tambahan jika diperlukan. Pastikan untuk mengisi semua informasi dengan lengkap dan benar agar proses pemasangan dapat berjalan lancar.

6. Unggah Dokumen Pendukung

Setelah mengisi formulir permohonan, Anda akan diminta untuk mengunggah dokumen pendukung. Dokumen ini dapat berupa salinan KTP, surat izin jual beli, atau dokumen lain yang memverifikasi identitas dan alamat Anda. Pastikan dokumen yang diunggah dalam format yang valid dan terbaca dengan jelas.

7. Konfirmasi dan Pembayaran

Setelah mengunggah dokumen, Anda perlu melakukan konfirmasi dan pembayaran biaya pemasangan listrik baru. Biaya ini akan bervariasi tergantung pada kebutuhan daya listrik dan wilayah Anda. Anda dapat memilih metode pembayaran yang tersedia, seperti transfer bank atau pembayaran melalui aplikasi e-wallet. Setelah pembayaran berhasil, tunggu konfirmasi selanjutnya dari PLN Mobile.

8. Pantau Status Pemasangan Listrik

Sekarang Anda dapat memantau status pemasangan listrik baru Anda melalui aplikasi PLN Mobile. Aplikasi ini akan memberikan pembaruan tentang proses pemasangan, mulai dari verifikasi dokumen hingga jadwal pemasangan yang ditentukan. Anda juga akan menerima pemberitahuan melalui aplikasi saat pemasangan listrik selesai.

Baca Juga:  Evaporasi adalah: Mengapa dan Bagaimana Prosesnya Terjadi

9. Pemasangan Listrik Selesai

Setelah jadwal pemasangan tiba, teknisi PLN akan datang ke lokasi instalasi untuk memasang listrik baru. Pastikan Anda ada di tempat pada waktu yang telah ditentukan. Setelah pemasangan selesai, teknisi akan memeriksa kembali instalasi dan memberikan informasi tentang penggunaan dan pengaturan meteran listrik.

10. Nikmati Listrik PLN

Sekarang Anda sudah berhasil memasang listrik baru secara online melalui PLN Mobile. Anda dapat menikmati manfaat dari pasokan listrik PLN untuk kebutuhan sehari-hari Anda. Jangan lupa untuk membayar tagihan listrik secara rutin agar pasokan listrik tidak terputus.

Kesimpulannya, PLN Mobile memberikan solusi yang nyaman dan efisien bagi pelanggan yang ingin memasang listrik baru. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah melaksanakan proses pemasangan listrik secara online. Jadi, tunggu apa lagi? Segera akses aplikasi PLN Mobile dan nikmati kenyamanan dalam memasang listrik baru!

You might like

About the Author: Sonya Paramitha