Ciri-Ciri Dongeng

2 Likes Comment

Pendahuluan

Dongeng adalah cerita rakyat yang berkembang dari generasi ke generasi. Cerita ini sering disampaikan secara lisan dan biasanya memiliki pesan moral yang ingin disampaikan. Namun, bagaimana kita bisa mengetahui ciri-ciri dongeng? Berikut adalah penjelasannya.

Ciri-ciri Utama Dongeng

1. Karakter yang Khas

Dongeng biasanya memiliki karakteristik yang kuat pada tokoh-tokohnya, baik itu karakteristik fisik maupun sifat-sifat tertentu. Karakter ini membantu membentuk cerita dan membuatnya lebih menarik.

2. Adanya Pesan Moral

Sebagian besar dongeng memiliki pesan moral yang ingin disampaikan kepada pembaca atau pendengarnya. Pesan moral ini bertujuan memberikan pelajaran yang berguna dan memotivasi untuk hidup lebih baik.

3. Cerita yang Fantastis

Dongeng seringkali memiliki unsur fantasi yang kuat, seperti makhluk-makhluk mitologi atau aksi-aksi yang sulit dipercayai. Kehadiran unsur fantasi ini membantu membentuk suasana dongeng dan menciptakan jawaban atas keinginan imajinasi pembaca atau pendengar.

Ciri-ciri Tambahan Dongeng

1. Bukan Fakta atau Sejarah

Dalam dongeng, cerita dan tokoh-tokohnya tidak sepenuhnya berdasarkan fakta sejarah atau kenyataan. Beberapa dongeng mungkin memiliki akar dari peristiwa nyata, tetapi kemungkinan besar cerita tidak sepenuhnya benar.

2. Adanya Konflik dan Keajaiban

Dongeng seringkali memiliki konflik dalam ceritanya. Sang tokoh utama seringkali harus mengatasi rintangan untuk mencapai tujuannya. Selain itu, keajaiban dan kekuatan magis turut menjadi bagian dalam cerita dongeng.

Baca Juga:  Doa Pembuka Rezeki: Cara Mendapatkan Rezeki dari Allah SWT

3. Cerita Pendek

Dongeng biasanya memiliki cerita yang singkat dan mudah diikuti oleh para pembaca dan pendengar. Cerita-cerita ini sangat tepat untuk dibacakan sebelum tidur atau menjadi hiburan singkat dalam waktu luang.

Kesimpulan

Dongeng memiliki ciri-ciri yang khas mulai dari karakter yang kuat hingga adanya pesan moral yang ingin disampaikan. Selain itu, dongeng seringkali memiliki unsur-unsur fantasi dan keajaiban yang dapat membangkitkan imajinasi. Meskipun memiliki ciri-ciri yang khas, dongeng tetap menjadi hiburan populer bagi anak-anak dan orang dewasa.

FAQs

1. Apakah dongeng selalu memiliki pesan moral?

Ya, sebagian besar dongeng memiliki pesan moral yang ingin disampaikan kepada pembaca atau pendengarnya.

2. Apakah ada dongeng tanpa karakteristik yang kuat pada tokoh-tokohnya?

Karakteristik kuat pada tokoh-tokohnya merupakan salah satu ciri khas dongeng, sehingga sangat jarang jika dongeng tidak memiliki karakteristik yang kuat.

3. Apa yang membedakan dongeng dengan cerita sejarah atau fakta?

Dongeng seringkali memiliki unsur keajaiban atau kekuatan magis, sedangkan cerita sejarah atau fakta cenderung lebih berdasarkan kejadian nyata.

4. Mengapa dongeng seringkali memiliki unsur fantasi yang kuat?

Unsur fantasi membantu membentuk cerita dan menciptakan jawaban atas keinginan imajinasi pembaca atau pendengar.

5. Apakah dongeng hanya untuk anak-anak?

Tidak hanya untuk anak-anak, dongeng juga dapat dinikmati oleh orang dewasa sebagai hiburan singkat dalam waktu luang.

You might like

About the Author: Sonya Paramitha