Contoh CV Lamaran Kerja

4 Likes Comment

Pendahuluan

Menulis CV yang efektif adalah langkah penting pada saat mencari pekerjaan. CV yang baik harus mampu menampilkan informasi mengenai kemampuan, pengalaman kerja, dan kepribadian pelamar yang relevan dengan posisi yang diinginkan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan contoh CV lamaran kerja yang efektif untuk membantu pelamar pekerjaan dalam menulis CV mereka.

Informasi Pribadi

Bagian pertama dari CV yang berisi informasi pribadi. Ini termasuk nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Pastikan untuk menyertakan informasi kontak yang dapat dihubungi dan jangan lupa untuk mengecek kembali apakah nomor telepon dan email sudah aktif dan dapat dihubungi.

Pendidikan

Bagian selanjutnya adalah tentang pendidikan. Cantumkan informasi mengenai jenjang pendidikan, nama institusi, tahun lulus, dan IPK (jika relevan). Anda juga dapat menambahkan informasi mengenai organisasi atau kegiatan yang dilakukan selama berada di sekolah atau perguruan tinggi.

Pengalaman Kerja

Bagian selanjutnya adalah tentang pengalaman kerja. Cantumkan informasi mengenai nama perusahaan, posisi yang dipegang, waktu bekerja, dan tanggung jawab pekerjaan. Pastikan bahwa pengalaman yang dicantumkan relevan dengan posisi yang dilamar.

Keterampilan

Bagian ini mencantumkan keterampilan atau kemampuan yang dimiliki oleh pelamar. Contohnya, kemampuan bahasa, penggunaan komputer, ataupun keterampilan menulis. Pastikan untuk mencantumkan keterampilan yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Kegiatan Ekstrakurikuler

Berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler dapat menunjukkan bahwa pelamar memiliki kepribadian yang aktif dan dapat beradaptasi dalam berbagai lingkungan sosial. Cantumkan informasi mengenai kegiatan ekstrakurikuler yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Referensi

Terakhir, cantumkan referensi yang dapat dihubungi oleh pihak perusahaan. Pastikan bahwa calon referensi tersebut telah memberikan persetujuan sebelum dicantumkan pada CV. Jika tidak memiliki referensi, bisa menyebutkan bahwa referensi akan diberikan jika diminta oleh pihak perusahaan.

Baca Juga:  Sejarah Akuntansi

Kesimpulan

Menulis CV yang efektif merupakan hal penting dalam mencari pekerjaan. Dalam artikel ini, kami telah memberikan contoh CV lamaran kerja yang efektif untuk membantu pelamar pekerjaan dalam menulis CV mereka.

FAQs

1. Berapa lama CV harusnya dibuat?

Jawaban: CV harus dibuat seefektif dan seefisien mungkin, namun pastikan bahwa CV yang dihasilkan dapat menampilkan informasi yang relevan dengan posisi yang dilamar.

2. Apa saja yang harus dicantumkan dalam CV?

Jawaban: CV harus mencantumkan informasi mengenai identitas pribadi, pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, kegiatan ekstrakurikuler, dan referensi.

3. Bagaimana cara menulis CV yang menarik?

Jawaban: Menulis CV yang menarik dapat dilakukan dengan memperhatikan tata letak, penggunaan bahasa yang tepat, dan menampilkan informasi yang relevan dengan posisi yang dilamar.

4. Apakah benar CV harus diubah-ubah tergantung dari posisi yang dilamar?

Jawaban: Ya, sebaiknya CV diubah-ubah tergantung dari posisi yang dilamar sehingga dapat menampilkan informasi yang relevan dengan posisi tersebut.

5. Apakah perusahaan benar-benar mengintip media sosial pelamar?

Jawaban: Ya, perusahaan dapat mencari informasi tambahan mengenai pelamar melalui media sosial, sehingga sebaiknya memperhatikan konten yang diunggah di media sosial.

You might like

About the Author: Sonya Paramitha