Contoh Latar Belakang Makalah: Memahami Pentingnya Menyusun Latar Belakang yang Relevan dan Informatif

3 Likes Comment

Saat menyusun sebuah makalah, tak dapat dipungkiri bahwa latar belakang menjadi salah satu bagian penting yang harus diperhatikan. Latar belakang menggambarkan mengapa topik yang dipilih adalah penting, apa yang telah dilakukan sebelumnya dalam bidang tersebut, serta mengidentifikasi kekurangan pengetahuan yang ada. Dengan kata lain, latar belakang makalah memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai konteks dan relevansi topik yang akan dibahas dalam makalah tersebut.

Apa yang Dimaksud dengan Latar Belakang Makalah?

Secara sederhana, latar belakang makalah adalah penjelasan singkat yang melandasi topik utama yang akan dibahas dalam suatu makalah. Tujuan dari menyusun latar belakang adalah untuk memberikan konteks, memotivasi pembaca, dan menjelaskan mengapa topik tersebut perlu dipelajari atau diteliti lebih lanjut.

Latar belakang makalah perlu ditulis dengan gaya yang informatif dan menggugah minat pembaca. Tulisan tersebut harus jelas, terfokus, dan mudah dipahami oleh pembaca yang mungkin belum familiar dengan topik yang dibahas. Selain itu, latar belakang juga harus memadai dalam menunjukkan pengetahuan dan pemahaman penulis tentang topik tersebut.

Struktur Latar Belakang Makalah yang Baik

Untuk menyusun sebuah latar belakang makalah yang baik, ada beberapa komponen penting yang perlu diperhatikan. Berikut adalah struktur yang umum digunakan:

  1. Pendahuluan: Jelaskan konteks umum topik yang dibahas dan berikan latar belakang singkat. Bawalah pembaca lebih dekat dengan topik dan jelaskan mengapa topik tersebut penting.
  2. Rumusan Masalah: Identifikasi masalah atau pertanyaan penelitian yang ingin dijawab dalam makalah. Jelaskan mengapa masalah tersebut relevan dan mengapa perlu diteliti lebih lanjut.
  3. Tinjauan Pustaka: Bikin uraian tentang penelitian atau kajian terkait yang telah dilakukan sebelumnya. Tinjauan pustaka memberikan gambaran tentang pengetahuan yang ada dan apa yang belum diketahui dalam bidang tersebut.
  4. Gap Pengetahuan: Identifikasi kekurangan pengetahuan yang ada berdasarkan tinjauan pustaka yang telah dilakukan. Jelaskan mengapa gap ini penting untuk diisi dan bagaimana makalah ini akan memberikan kontribusi pengetahuan baru dalam bidang tersebut.
  5. Tujuan Penelitian: Jelaskan tujuan utama dari makalah ini. Apa yang ingin dicapai dan apa yang akan diteliti atau dibahas dalam makalah ini. Pastikan tujuan ini terkait erat dengan gap pengetahuan yang sudah diidentifikasi.
Baca Juga:  Fisiologi adalah: Memahami Bagaimana Tubuh Manusia Berfungsi

Kelebihan Menyusun Latar Belakang Makalah yang Relevan

Menyusun latar belakang makalah yang relevan memiliki beberapa kelebihan yang signifikan. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh:

  • Menggugah Minat Pembaca: Latar belakang yang menarik akan membantu menggugah minat pembaca. Dengan terciptanya minat, pembaca akan lebih tertarik untuk terus membaca makalah tersebut.
  • Meredakan Keraguan: Dengan memberikan latar belakang yang kuat, penulis dapat meredakan keraguan pembaca terhadap kepentingan dan relevansi topik yang akan dibahas. Pembaca akan lebih yakin bahwa topik tersebut memang layak untuk dikaji lebih lanjut.
  • Mengarahkan Pemikiran: Latar belakang yang baik juga dapat membantu mengarahkan pemikiran pembaca agar lebih fokus pada topik utama yang akan dibahas dalam makalah. Hal ini akan memudahkan pemahaman dan membuat pembaca lebih terlibat dalam pembacaan makalah tersebut.
  • Menciptakan Kerangka Penelitian yang Jelas: Dengan menyusun latar belakang yang komprehensif, penulis juga dapat menciptakan kerangka penelitian yang jelas. Hal ini akan membantu penulis untuk lebih fokus dan sistematis dalam menulis makalah, sehingga menghasilkan laporan penelitian yang berkualitas.

Penutup

Latar belakang makalah adalah komponen penting yang tak boleh diabaikan dalam proses penyusunan makalah. Dengan menyusun latar belakang yang baik, penulis dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam kepada pembaca tentang konteks, relevansi, dan kepentingan topik yang akan dibahas. Dalam menyusun latar belakang, pastikan menggunakan bahasa yang singkat, jelas, dan menggugah minat pembaca untuk terus membaca makalah Anda.

You might like

About the Author: Sonya Paramitha