Contoh Surat Lamaran Kerja

4 Likes Comment

Pendahuluan

Surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang ingin melamar pekerjaan di perusahaan. Surat ini berfungsi sebagai alat untuk memperkenalkan diri dan mengajukan permohonan untuk mendapatkan pekerjaan. Pentingnya surat lamaran kerja tidak dapat diabaikan karena surat lamaran kerja yang baik bisa menjadi kunci untuk membuka pintu kesuksesan dalam karir seseorang.

Bagian-Bagian Surat Lamaran Kerja

Sebelum menuliskan surat lamaran kerja, kamu harus mengetahui bagian-bagian yang harus ada dalam surat tersebut. Berikut adalah bagian-bagian surat lamaran kerja yang harus kamu ketahui:

Heading

Berisi informasi kontak pribadi, termasuk nama, alamat, nomor telepon, dan email.

Salam Pembuka

Salam pembuka biasanya diawali dengan “Kepada Yth” dan diikuti dengan nama perusahaan atau orang yang akan menerima surat tersebut.

Paragraf Pertama

Paragraf pertama berisi tentang tujuan surat dan mengapa kamu tertarik untuk melamar di perusahaan tersebut.

Paragraf Kedua

Paragraf kedua menjelaskan tentang diri kamu, pendidikan, dan pengalaman kerja. Ini sangat penting karena perusahaan ingin mengetahui kualifikasi dan kemampuanmu.

Paragraf Ketiga

Paragraf ketiga berisi tentang motivasi dan keinginanmu untuk bekerja di perusahaan tersebut. Berikan alasan yang kuat mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan tersebut.

Paragraf Keempat

Paragraf keempat berisi tentang harapanmu untuk diundang untuk wawancara dan menyatakan bahwa kamu siap untuk memberikan informasi yang lebih detail.

Baca Juga:  Teks Biografi: Cara Menulis Biografi yang Menarik dan Inspiratif

Salam Penutup

Salam penutup biasanya diakhiri dengan “Hormat Saya” dan diikuti dengan nama dan tanda tangan kamu.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik

Berikut adalah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan saat menulis surat lamaran kerja:

1. Lakukan Riset

Sebelum menulis surat lamaran kerja, lakukan riset tentang perusahaan yang akan kamu lamar. Pelajari hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan tersebut, sejarah, dan budayanya. Dengan cara ini, kamu dapat menyesuaikan surat lamaran kerja kamu dengan nilai-nilai dan kebutuhan perusahaan.

2. Tuliskan dengan Bahasa yang Jelas dan Formal

Pastikan bahasa yang kamu gunakan dalam surat lamaran kerja jelas dan formal, hindari penggunaan bahasa yang kurang sopan atau terlalu santai karena hal ini dapat memberikan kesan yang buruk pada pihak perusahaan.

3. Fokus pada Keahlianmu

Pada paragraf kedua, fokuslah pada keahlianmu. Jelaskan keahlian yang kamu miliki dan bagaimana keahlian tersebut dapat bermanfaat bagi perusahaan.

4. Jangan Terlalu Panjang

Surat lamaran kerja harus singkat dan padat. Jangan menuliskan terlalu banyak informasi, hanya informasi yang penting dan relevan saja.

Kesimpulan

Surat lamaran kerja adalah salah satu dokumen penting untuk melamar pekerjaan di perusahaan. Kamu harus mengetahui bagian-bagian yang harus ada dalam surat tersebut dan menuliskannya dengan bahasa yang jelas dan formal. Berikan alasan yang kuat mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan tersebut dan fokus pada keahlianmu.

FAQ

Q: Apakah surat lamaran kerja harus ditulis dengan tangan atau bisa menggunakan komputer?

A: Surat lamaran kerja bisa ditulis dengan tangan atau menggunakan komputer. Namun, lebih baik menggunakan komputer karena lebih rapi dan mudah dibaca.

Q: Apakah saya harus menuliskan riwayat hidup dalam surat lamaran kerja?

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Uang dari Snack Video

A: Tidak, riwayat hidup biasanya ditulis dalam CV. Namun, kamu bisa menyebutkan pendidikan dan pengalaman kerja dalam paragraf kedua.

Q: Apakah saya harus mengirimkan surat lamaran kerja melalui email atau pos?

A: Kamu bisa mengirimkan surat lamaran kerja melalui email atau pos. Namun, lebih baik mengirimkan melalui email karena lebih cepat dan lebih efisien.

Q: Berapa banyak halaman surat lamaran kerja yang ideal?

A: Surat lamaran kerja harus singkat dan padat, idealnya hanya satu halaman. Namun, jika kamu memiliki pengalaman kerja yang banyak, kamu bisa menuliskannya dalam dua halaman.

Q: Apakah saya harus menuliskan gaji yang diinginkan dalam surat lamaran kerja?

A: Tidak, kamu bisa menuliskannya saat wawancara. Namun, jika pihak perusahaan meminta informasi tersebut, kamu bisa menyebutkan range gaji yang kamu harapkan.

You might like

About the Author: Sonya Paramitha