Contoh Teks Eksplanasi

2 Likes Comment

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah tulisan yang bertujuan untuk memberikan penjelasan atau pembahasan fenomena atau peristiwa yang dihadapi manusia. Dalam teks eksplanasi, penulis akan memberikan informasi secara lengkap mengenai fenomena atau peristiwa tersebut, serta menjelaskan penyebab terjadinya. Teks eksplanasi biasanya digunakan dalam dunia pendidikan, jurnalistik, dan ilmu pengetahuan.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

Berikut adalah ciri-ciri umum dari teks eksplanasi:

  • Bertujuan memberikan penjelasan atau pembahasan mengenai fenomena atau peristiwa
  • Isinya informatif dan objektif
  • Ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami dan tidak terlalu teknis
  • Memiliki struktur teks yang terorganisir dengan baik

Contoh Teks Eksplanasi

Berikut adalah beberapa contoh teks eksplanasi:

Contoh Teks Eksplanasi Mengenai Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca adalah kondisi dimana gas-gas tertentu di atmosfer bumi menahan panas yang dipancarkan oleh permukaan bumi. Dalam jangka waktu lama, kondisi ini akan menyebabkan peningkatan suhu di bumi dan perubahan pola cuaca. Efek rumah kaca disebabkan oleh aktivitas manusia seperti pembakaran bahan bakar fosil dan deforestasi. Kondisi ini berbahaya bagi manusia dan lingkungan, sehingga diperlukan upaya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Contoh Teks Eksplanasi Mengenai Proses Fotosintesis

Fotosintesis adalah proses di mana tumbuhan dan beberapa mikroorganisme mengubah karbon dioksida dan air menjadi glukosa dan oksigen menggunakan energi matahari. Proses ini terjadi di dalam kloroplas pada daun tumbuhan. Fotosintesis penting bagi kehidupan di bumi karena oksigen yang dihasilkan oleh proses ini diperlukan untuk bernapas, sedangkan glukosa yang dihasilkan menjadi sumber energi bagi tumbuhan.

Baca Juga:  Contoh Soal Antonim dan Sinonim

Kesimpulan

Teks eksplanasi adalah tulisan yang bertujuan untuk memberikan penjelasan atau pembahasan fenomena atau peristiwa yang dihadapi manusia. Dalam teks eksplanasi, penulis akan memberikan informasi secara lengkap mengenai fenomena atau peristiwa tersebut, serta menjelaskan penyebab terjadinya. Teks eksplanasi memiliki ciri-ciri umum seperti informatif dan objektif, terorganisir dengan baik, dan mudah dipahami. Contoh teks eksplanasi antara lain mengenai efek rumah kaca dan proses fotosintesis.

FAQs

  1. Apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi?

    Teks eksplanasi adalah tulisan yang bertujuan untuk memberikan penjelasan atau pembahasan fenomena atau peristiwa yang dihadapi manusia.

  2. Apa ciri-ciri umum dari teks eksplanasi?

    Ciri-ciri umum dari teks eksplanasi antara lain informatif dan objektif, terorganisir dengan baik, dan mudah dipahami.

  3. Apa saja contoh teks eksplanasi?

    Contoh teks eksplanasi antara lain mengenai efek rumah kaca dan proses fotosintesis.

  4. Apa pentingnya teks eksplanasi dalam dunia pendidikan?

    Teks eksplanasi penting dalam dunia pendidikan sebagai sarana untuk memberikan penjelasan dan pemahaman yang lebih baik kepada siswa mengenai topik yang dibahas dalam pelajaran.

  5. Apa saja jenis teks yang sering digunakan dalam dunia jurnalistik?

    Jenis teks yang sering digunakan dalam dunia jurnalistik antara lain berita, feature, editorial, dan opini.

You might like

About the Author: Sonya Paramitha