Doa Bercermin: Membentuk Kecerahan Hati dan Menjaga Kebersihan Jiwa

2 Likes Comment

Pengenalan

Doa bercermin merupakan salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah bagi umat Islam. Doa ini mengandung makna yang sangat penting untuk membentuk karakter dan kepribadian yang baik, serta menjaga kebersihan jiwa. Saat kita bercermin, kita harus melafalkan doa ini dengan penuh kesadaran dan pikiran yang bersih.

Tujuan

Doa bercermin memiliki beberapa tujuan yang sangat penting, yaitu:

1. Memperbaiki diri

Dengan membaca doa bercermin, kita diharapkan bisa memperbaiki diri dari sisi perilaku, tata krama, dan penampilan. Saat kita melihat cermin, kita harus selalu memperhatikan tampilan diri kita dan memperbaiki kekurangan yang ada.

2. Menjaga kebersihan jiwa

Doa bercermin juga bisa menjadi sarana untuk menjaga kebersihan jiwa kita. Ketika kita senantiasa memperhatikan penampilan diri dan memperbaiki setiap kekurangan yang ada, maka kita juga akan terbiasa menjaga kebersihan jiwa kita.

3. Membentuk kepribadian yang baik

Doa bercermin dapat membantu membentuk kepribadian yang baik, yang ditandai dengan sikap, tata krama, dan akhlak yang baik. Kita harus senantiasa mengingatkan diri kita untuk selalu berpenampilan yang sopan dan memperlihatkan akhlak yang baik di depan orang lain.

Baca Juga:  Cara Cek Poin Telkomsel

Tata Cara Membaca Doa Bercermin

Ada beberapa tata cara membaca doa bercermin yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Berdiri

Saat membaca doa bercermin, kita harus berdiri dengan posisi yang lurus dan tenang.

2. Membaca dengan khusyuk

Doa bercermin harus dibaca dengan khusyuk dan fokus pada makna dari doa tersebut. Jangan tergesa-gesa saat membaca doa ini.

3. Membaca doa sebelum dan setelah bercermin

Kita harus membaca doa bercermin sebelum dan setelah bercermin. Hal ini bertujuan agar kita senantiasa mengingat kebesaran Allah dan menjaga hati kita tetap bersih.

4. Membiasakan membaca doa bercermin

Membaca doa bercermin sebaiknya menjadi kebiasaan sehari-hari kita. Hal ini akan membantu membentuk karakter dan kepribadian yang baik, serta menjaga kebersihan jiwa kita.

Doa Bercermin

Berikut adalah teks dari doa bercermin:

Subhanalladzi sakh-khara lana hatha wa ma kunna lahu muqrinin wa inna ilaa rabbina lamun-qalibuun.

Artinya:

Maha Suci Allah yang telah menciptakan benda ini untuk kami dan kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan kami akan kembali kepada Tuhan kami.

Kesimpulan

Doa bercermin merupakan salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah untuk umat Islam. Doa ini penting bagi kita untuk membentuk karakter dan kepribadian yang baik, serta menjaga kebersihan jiwa. Untuk membaca doa ini, kita harus melakukannya dengan khusyuk dan fokus pada maknanya. Selain itu, membiasakan membaca doa bercermin juga sangat dianjurkan agar kita senantiasa mengingat kebesaran Allah dan menjaga hati kita tetap bersih.

FAQs

1. Apa tujuan dari doa bercermin?

Doa bercermin memiliki tujuan untuk memperbaiki diri, menjaga kebersihan jiwa, dan membentuk kepribadian yang baik.

2. Apakah ada tata cara khusus saat membaca doa bercermin?

Ya, ada beberapa tata cara khusus saat membaca doa bercermin, antara lain harus berdiri dengan posisi yang lurus dan tenang, membaca dengan khusyuk, membaca doa sebelum dan setelah bercermin, serta membiasakan membaca doa bercermin.

Baca Juga:  Cara Menukarkan Koin Snack Video

3. Bagaimana doa bercermin dapat membantu menjaga kebersihan jiwa?

Dengan membaca doa bercermin, kita diharapkan bisa senantiasa menjaga penampilan dan sikap yang baik di depan orang lain, sehingga juga akan terbiasa menjaga kebersihan jiwa kita.

4. Apa yang harus dilakukan jika lupa membaca doa bercermin?

Jika lupa membaca doa bercermin, maka sebaiknya kita memperbaiki diri agar tidak melupakan hal tersebut di kemudian hari.

5. Apakah boleh membaca doa bercermin tanpa bercermin?

Boleh, namun sebaiknya doa bercermin dibaca pada saat kita akan bercermin, sehingga dapat menjadi pengingat bagi kita untuk selalu memperbaiki diri dan menjaga kebersihan jiwa.

You might like

About the Author: Sonya Paramitha