Doa Naik Kendaraan: Panduan Lengkap untuk Berdoa Sebelum Berkendara

2 Likes Comment

Pendahuluan

Berdoa sebelum berkendara merupakan langkah yang penting untuk memastikan keselamatan dalam berkendara. Dalam Islam, terdapat doa naik kendaraan yang dianjurkan untuk dibaca sebelum memulai perjalanan. Doa ini dipercaya dapat melindungi pengendara dari bahaya di jalan raya. Namun demikian, banyak yang masih belum mengetahui doa ini dengan baik. Artikel ini akan membahas tentang doa naik kendaraan, tata cara dan artinya secara lengkap.

Tata Cara Membaca Doa Naik Kendaraan

Sebelum membaca doa, pastikan diri Anda dalam keadaan suci dan bersih dari najis. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Membaca Basmalah

Sebelum membaca doa naik kendaraan, bacalah Basmalah terlebih dahulu. Bacalah “Bismillahirrahmanirrahim” dengan khusyuk dan tawadhu.

Langkah 2: Membaca Doa Naik Kendaraan

Setelah membaca Basmalah, bacalah doa naik kendaraan dengan suara yang jelas dan tegas. Berikut ini adalah teks doa naik kendaraan:

“Bismillahi majrehaa wa mursaha, innallaha laa yusii’u ajra man ahsana ‘amalan”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang menjadikan (kendaraan) ini berjalan dan bergerak, maka aku menyerahkan (mengemudikan) kendaraan ini karena sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Baca Juga:  Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan

Faidah Membaca Doa Naik Kendaraan

Berdoa sebelum berkendara tidak hanya menjadi kewajiban bagi umat Islam, tetapi juga memberikan banyak manfaat, antara lain:

  • Melindungi diri dari segala macam kecelakaan dan bencana
  • Memohon perlindungan dari Allah SWT dalam setiap langkah dan perjalanan
  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Simak Video Doa Naik Kendaraan

Jika Anda kesulitan dalam membaca doa naik kendaraan, berikut ini adalah video panduan membaca doa naik kendaraan:

Kesimpulan

Berdoa sebelum berkendara merupakan tindakan penting untuk memastikan keselamatan di jalan raya. Doa naik kendaraan yang dianjurkan dalam Islam ini dapat dibaca dengan mudah dan dapat dihafal dengan baik. Dengan membaca doa ini, kita memohon perlindungan dari Allah SWT dan memastikan keselamatan dalam setiap perjalanan.

FAQs

1. Doa naik kendaraan hanya dibaca oleh umat Islam saja?

Doa naik kendaraan merupakan doa yang dianjurkan dalam Islam. Namun, siapa pun dapat memohon perlindungan dari Tuhan sebelum memulai perjalanan.

2. Apakah doa naik kendaraan bisa dibaca dalam hati saja?

Doa naik kendaraan bisa dibaca dalam hati atau diucapkan dengan suara yang jelas. Namun, sebaiknya dibaca dengan suara yang jelas agar lebih khusyuk dan terdengar oleh penumpang yang berada dalam kendaraan.

3. Apakah perlu membaca doa naik kendaraan setiap kali memulai perjalanan?

Ya, sebaiknya doa naik kendaraan dibaca setiap kali memulai perjalanan agar selalu dalam perlindungan Allah SWT dan diberikan keselamatan.

4. Apakah doa naik kendaraan bisa dibaca dalam bahasa Indonesia atau bahasa lainnya?

Doa naik kendaraan dapat dibaca dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Namun, sebaiknya mempelajari teks aslinya dalam bahasa Arab untuk menghindari kesalahan dalam membaca atau menterjemahkan.

Baca Juga:  Cara Membuat Daftar Pustaka

5. Apakah membaca doa naik kendaraan menjamin keselamatan dalam berkendara?

Berdoa sebelum berkendara bukan menjamin keselamatan secara mutlak, tetapi sebagai tindakan preventif untuk memastikan keselamatan di jalan raya. Selain berdoa, tetaplah mematuhi aturan lalu lintas dan memperhatikan kondisi kendaraan untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

You might like

About the Author: Sonya Paramitha