Doa Pernikahan: Cara Memulai Kehidupan Berumah Tangga dengan Berkah

4 Likes Comment

Pendahuluan

Menikah merupakan momen sakral yang dirayakan oleh pasangan yang ingin bersama selamanya. Sebagai pasangan yang akan memulai kehidupan berumah tangga, doa pernikahan sangat penting untuk diucapkan sebagai tanda syukur atas kesempatan menikah dan sebagai permohonan doa agar pernikahan berjalan dengan lancar dan penuh berkah.

Definisi Doa Pernikahan

Doa pernikahan adalah rangkaian doa yang diucapkan oleh mempelai atau oleh imam nikah pada saat pernikahan. Doa ini berisi permohonan untuk diberikan keberkahan dalam rumah tangga, agar selalu diberikan ketetapan hati, harmoni, dan keberhasilan dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

Letak Doa Pernikahan dalam Acara Pernikahan

Doa pernikahan biasanya diucapkan setelah akad nikah selesai dan sebelum acara resepsi dimulai. Doa ini juga bisa diucapkan pada saat mempelai memasuki gedung resepsi atau pada saat mempelai mengucapkan sumpah pernikahan.

Makna Doa Pernikahan

Doa pernikahan mempunyai banyak makna. Pertama, doa ini merupakan tanda syukur atas kelancaran pernikahan yang dijalani. Kedua, doa ini memohon keberkahan agar hubungan suami istri selalu dilimpahi rahmat dan berkah dari Allah.

Doa Pernikahan dalam Al-Quran

Sebagaimana dalam segala hal, mencari petunjuk dan tuntunan dalam Al-Quran sangatlah penting. Ada beberapa ayat dan doa dalam Al-Quran yang dapat dijadikan bahan untuk doa pernikahan:

  • Surat Ar-Rum ayat 21
  • Surat Al-Baqarah ayat 201
  • Surat An-Nur ayat 32

Contoh Doa Pernikahan

Berikut ini adalah contoh doa pernikahan yang dapat diucapkan oleh mempelai atau oleh imam nikah:

“Ya Allah, kami memohon kepada-Mu untuk memberikan keberkahan pada pernikahan ini. Semoga hubungan suami istri selalu dilimpahi rahmat dan perlindungan. Jadikanlah rumah tangga kami sebagai tempat ridha-Mu dan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Aamiin.”

Baca Juga:  Cara Cek Nuptk

Kesimpulan

Doa pernikahan sangat penting untuk diucapkan pada saat pernikahan agar membawa berkah dan ketentraman dalam kehidupan berumah tangga. Ada banyak ayat-ayat dan doa dalam Al-Quran yang dapat dijadikan bahan dalam doa pernikahan. Sebagai pasangan yang akan memulai kehidupan berumah tangga, mengucapkan doa pernikahan merupakan tanda syukur dan permohonan akan diberikan keberkahan dalam kehidupan pernikahan.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apakah doa pernikahan dapat diucapkan kapan saja?

2. Apa yang dimaksud dengan keberkahan dalam rumah tangga?

3. Apakah doa pernikahan hanya diucapkan oleh imam nikah?

4. Apakah selalu diucapkan doa pernikahan pada setiap pernikahan?

5. Apa yang harus dilakukan jika lupa mengucapkan doa pernikahan?

You might like

About the Author: Sonya Paramitha