Bingung Apa Perbedaan Monera dan Protista? Ini Ciri Keduanya

132 Likes Comment
Apa Perbedaan Monera dan Protista

Organisme tunggal yang terdapat di alam mempunyai dua golongan, yaitu Monera dan Protista. Meskipun keduanya berasal dari jenis yang sama, namun struktur sel dan organisasinya berbeda. Monera dan Protista mewakili organisme bersel satu, yang hidup dalam susunan sel-sel tertentu. Namun tetap saja terdapat perbedaan Monera dan Protista, yang membuat keduanya terlihat tidak serupa. Berikut ulasan tentang beda keduanya.

Susunan Monera dan Protista Berbeda

Kingdom Monera menyukai hidup di tempat lembab, karena disitulah tempatnya untuk berkembang biak. Jenisnya terdiri dari bakteri, alga hijau biru, dan cyanobacteria. Beberapa diantara mereka hidup sebagai soliter, dan sebagian organismenya hidup secara berkoloni. Khusus kelompok kolonial biasanya ditemukan dalam bentuk filamen atau rantai pendek. Hal ini karena termasuk golongan prokariotik, jadi bentuknya hanya berupa molekul DNA bundar.

Organisme Monera tidak mempunyai organel yang terikat dengan membran. Tidak seperti eukariota, beberapa sel yang dimiliki sudah tertutup oleh dinding sel. Semua organisme sel satu ini dapat berupa autotrofik atau heterotrofik. Untuk sel autotrofik biasanya Monera bisa mensitetis makanan dengan sendirinya. Sedangkan sel heterotrofik berarti organisme tersebut tidak dapat menguraiakan makanan mereka sendiri.

Susunan organisme inilah yang membuat perbedaan Monera dan Protista semakin kentara. Jika Monera tidak memiliki organel maka Protista mengandung organel. Organisme uniseluler ini terikat dengan membran nukleus. Tidak hanya itu saja, tetapi juga saling mengikat dengan mitokondria hingga badan Golgi. Beberapa jenisnya memiliki struktur khusus berupa silia dan flagela. Kedua komponen tersebut digunakan sebagai alat penggerak pada sel.

Baca Juga:  Perbedaan Tumbuhan Dikotil dan Monokotil + Contoh Tumbuhan

Protista mencari makanan melalui proses fotosintesis, atau menjadi parasit pada tumbuhan inang. Susunannya cenderung lebih kompleks dibandingkan Monera, karena intinya terikat dengan membrane nukleus mereka sendiri. Menjadikan organisme inti diklasifikasikan sebagai eukariota. Dengan karakteristik organel yang lengkap dan bisa disebut sebagai organisme sel satu secara utuh.

Cara Reproduksi Monera dan Protista Tak Sama

Perbedaan Monera dan Protista terlihat pada ukurannya yang berbeda. Pada umumnya Protista mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan Monera. Hal itu terverifikasi jika dilihat menggunakan kaca pembesar. Meskipun Monera ukurannya jauh lebih kecil tetapi tidak berlaku pada bakteri biru-hijau. Salah satu jenis Monera tersebut memiliki ukuran yang besar. Namun perbandingannya tidak terlalu jauh mungkin hanya sekita beberapa senti saja.

Monera merujuk pada organisme uniseluler ini, yang mana menunjukkan golongan organisasi seluler prokariotik. Makhluk tunggal ini melakukan reproduksi dengan cara aseksual. Dimana proses pembuahannya dilakukan dengan pembelahan biner atau bertunas. Hal ini karena Monera tidak memiliki alat kelamin, sehingga pembuahan kecil kemungkinan dilakukan. Satu-satunya cara yaitu dengan melakukan pembelahan diri.

Inilah yang menjadi perbedaan Monera dan Protista, dimana Protista bisa melakukan aseksual dan seksual. Ada beberapa organisme yang melakukan aseksual, dan sebagian besarnya secara seksual. Organisme uniseluler ini juga bisa melakukan keduanya secara bersamaan, tergantung dari struktur yang tersusun. Tidak heran apabila Protista disebut sebagai organisme tunggal yang kompleks, karena memang mempunyai secara keseluruhan.

Monera Tersebar di Berbagai Tempat

Bisa dikatakan bahwa ukuran Monera jauh lebih kecil dibandingkan Protista. Namun habitatnya dapat ditemukan dimanapun. Monera memiliki kemampuan adaptasi yang luar biasa baik di darat maupun di air. Namun sayangnya Monera tidak mampu bertahan lama di air, karena tidak mempunyai organel kuat yang terikat oleh membran. Sedangkan Protista hanya dapat bertumbuh dengan baik bila berada di lingkungan akuatik.

Baca Juga:  Mengenal Perbedaan Pupuk Organik dan Anorganik

Perbedaan Monera dan Protista yang paling mencolok ialah susunan dinding sel. Monera mempunyai dinding sel yang membuatnya bisa beradaptasi. Namun ternyata keberadaan dinding sel tidak menjadikan Monera sebagai organisme tunggal yang kuat. Justru Protista yang memiliki perkembangan dinding sel sangat baik. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa proses reporoduksi Protista termasuk sempurna. Karena melalui dua jenis reproduksi yang berbeda.

Klasifikasi Organisme

Jenis bakteri seperti eubacteria, archaebacteria, dan cyanobacteria mendominasi Monera. Mereka hidup sebagai parasit tetapi tidak menganggu tumbuhan lainnya. Memang beberapa ada yang mengambil sari makanan tumbuhan inang. Tetapi mereka tidak sampai mematikan sang penopang. Hanya untuk menumpang hidup dan bertahan untuk tetap berkembang biak. Justru ada sebagian kecil spesiesnya yang membantu dalam penguraian tanah.

Sedangkan Protista mempunyai empat klasifikasi besar yaitu alga, diatom, kapang, dan protozoa. Mereka merupakan organisme sel satu yang menguntungkan, karena berusaha bertahan hidup sendiri. Jika perairan menjadi mempunyai warna air yang sangat cantik, hal tersebut bisa jadi karena tumbuhan alga. Dimana alga mempunyai warna-warna yang menarik perhatian. Sehingga menghiasi perairan yang cukup dalam diantara tumbuhan laut lainnya.

Dari klasifikasi yang berbeda inilah alasanya mengapa Monera dan Protista sangat berbeda. Meskipun keduanya merupakan organisme sel satu yang sama, tetapi nyatanya kehidupan mereka jauh berbeda. Meskipun begitu tidak bisa menarik kesimpulan bahwa Monera hanya tumbuhan parasit. Karena ada pula jenis bakteri yang bermanfaat untuk kehidupan manusia. Bahkan justru baik untuk kesehatan seperti spesies bakteri yang hidup dalam usus. Sehingga dapat membantu proses pencernaan berjalan dengan semestinya sesuai kinerja tubuh.

Antara Monera dan Protista memang berbeda tetapi mereka masuk organisme sel satu. Dilihat dari beragam macam sudut tetap keduanya tidak sama, bahkan termasuk cara reproduksinya berbeda. Meskipun begitu Monera dan Protista bisa hidup dengan kekuatan mereka sendiri, tanpa bantuan organisme lainnya. Mereka ada yang bermanfaat untuk kehidupan, namun ada pula yang merugikan tetapi tidak terlalu kentara.

Baca Juga:  Pengertian Serta Perbedaan Fenotip dan Genotip

You might like

About the Author: Recca Wibisono

Market Analysis Enthusiast lulusan salah satu kampus negeri jurusan manajemen bisnis yang mempunyai hobi belanja