Operasi Hitung Bilangan Bulat

6 Likes Comment

Selamat datang! Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai operasi hitung bilangan bulat. Operasi hitung bilangan bulat adalah langkah-langkah matematika yang dilakukan pada angka-angka bulat untuk memperoleh hasil yang diinginkan. Mari kita jelajahi lebih lanjut!

Pengenalan

Sebelum masuk ke dalam detailnya, mari kita mulai dengan memahami apa yang dimaksud dengan bilangan bulat. Bilangan bulat adalah angka-angka yang tidak memiliki bagian pecahan, jadi angka-angka ini termasuk bilangan negatif, nol, dan bilangan positif.

Operasi hitung bilangan bulat meliputi empat operasi dasar, yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Setiap operasi memiliki aturan dan sifatnya sendiri yang akan kita bahas lebih lanjut. Mari kita lihat setiap operasi secara rinci.

Penjumlahan

Penjumlahan adalah operasi yang dilakukan untuk menggabungkan dua atau lebih bilangan bulat menjadi satu bilangan bulat. Tanda tambah (+) digunakan untuk menunjukkan operasi ini. Berikut adalah contoh penjumlahan bilangan bulat:

-2 + 3 = 1

Pada contoh di atas, kita memiliki bilangan bulat -2 dan bilangan bulat positif 3. Ketika kita menjumlahkannya, kita akan mendapatkan hasil 1.

Pengurangan

Pengurangan adalah operasi yang dilakukan untuk mengurangi satu bilangan bulat dari bilangan bulat lainnya. Tanda minus (-) digunakan untuk menunjukkan operasi ini. Berikut adalah contoh pengurangan bilangan bulat:

5 – 9 = -4

Pada contoh di atas, kita memiliki bilangan bulat positif 5 dan bilangan bulat 9. Ketika kita mengurangkan bilangan bulat 9 dari 5, kita akan mendapatkan hasil -4.

Perkalian

Perkalian adalah operasi yang dilakukan untuk mengalikan dua atau lebih bilangan bulat menjadi satu bilangan bulat. Tanda kali (x) digunakan untuk menunjukkan operasi ini. Berikut adalah contoh perkalian bilangan bulat:

Baca Juga:  Tinggi Net Bola Voli untuk Putra Adalah

-3 x 4 = -12

Pada contoh di atas, kita memiliki bilangan bulat negatif -3 dan bilangan bulat positif 4. Ketika kita mengalikan kedua bilangan bulat tersebut, kita akan mendapatkan hasil -12.

Pembagian

Pembagian adalah operasi yang dilakukan untuk membagi satu bilangan bulat dengan bilangan bulat lainnya. Tanda bagi (÷) digunakan untuk menunjukkan operasi ini. Perlu diperhatikan bahwa hasil pembagian juga bisa menjadi bilangan desimal atau pecahan. Berikut adalah contoh pembagian bilangan bulat:

10 ÷ -2 = -5

Pada contoh di atas, kita memiliki bilangan bulat positif 10 dan bilangan bulat negatif -2. Ketika kita membagi bilangan bulat 10 dengan -2, kita akan mendapatkan hasil -5.

Kesimpulan

Di dalam artikel ini, kita telah membahas mengenai operasi hitung bilangan bulat. Operasi tersebut meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Setiap operasi memiliki aturan dan sifatnya sendiri yang perlu dipahami.

Melalui pemahaman yang baik mengenai operasi hitung bilangan bulat, kita dapat memperoleh hasil yang sesuai dengan harapan dan membantu dalam pemecahan masalah matematis sehari-hari. Teruslah berlatih dan eksplorasi lebih lanjut untuk mengasah kemampuan matematika Anda!

You might like

About the Author: Sonya Paramitha