Sifat-sifat Eksponen

2 Likes Comment

Pendahuluan

Eksponen adalah bilangan yang digunakan untuk menunjukkan berapa kali suatu bilangan harus dikalikan dengan dirinya sendiri. Misalnya, pada eksponen 23, bilangan 2 dikalikan dengan dirinya sendiri sebanyak 3 kali, yang sama dengan 2 x 2 x 2 = 8.

Dalam matematika, ada beberapa sifat-sifat eksponen yang sangat penting untuk dipahami. Artikel ini akan membahas beberapa sifat utama dari eksponen dan cara menggunakannya dalam pemecahan masalah.

Sifat-Sifat Eksponen

1. Produk Eksponen yang Sama

Jika ada dua bilangan dengan eksponen yang sama, maka produk dari kedua bilangan tersebut dapat dihitung dengan menjumlahkan eksponennya dan mempertahankan bilangan pokoknya. Dengan kata lain:

an x am = an+m

Contohnya, 23 x 24 = 27 atau 128.

2. Pembagian Eksponen yang Sama

Jika ada dua bilangan dengan eksponen yang sama, maka hasil pembagian dari kedua bilangan tersebut dapat dihitung dengan mengurangi eksponennya dan mempertahankan bilangan pokoknya. Dengan kata lain:

an ÷ am = an-m

Contohnya, 106 ÷ 103 = 103 atau 1000.

3. Perpangkatan Eksponen

Jika ada suatu bilangan dengan eksponen yang sudah dikuadratkan, maka eksponennya dapat dihitung dengan mengalikan eksponennya dengan bilangan pangkat kedua dari eksponen aslinya. Dengan kata lain:

(an)m = an x m

Contohnya, (32)3 = 36 atau 729.

4. Pangkat Nol

Jika suatu bilangan pangkat nol, maka bilangan tersebut sama dengan 1. Dengan kata lain:

a0 = 1

Contohnya, 100 = 1 atau 1100 = 1.

5. Pangkat Negatif

Jika suatu bilangan mempunyai eksponen negatif, maka bilangan tersebut dapat diubah menjadi pecahan dengan eksponen positif. Dengan kata lain:

a-n = 1/an

Baca Juga:  The Names of the Prophets in Islamic Faith

Contohnya, 2-3 = 1/23 atau 1/8.

6. Akar Eksponen

Akar eksponen dari suatu bilangan a dengan eksponen n adalah bilangan yang, jika dipangkatkan dengan n, akan sama dengan a. Dengan kata lain:

a1/n = √a

Contohnya, 161/4 = √2 atau 2.

7. Eksponen Berkaitan dengan Logaritma

Logaritma adalah fungsi matematika yang sangat penting yang berkaitan dengan eksponen. Dalam hal ini, jika :

ax = b

Maka logaritma dari bilangan b dengan dasar a adalah x, yang ditulis seperti:

loga b = x

Contohnya, 34 = 81, maka log3 81 = 4.

Kesimpulan

Eksponen merupakan bilangan yang sangat penting dalam matematika, dan memiliki berbagai sifat yang harus dipahami dengan baik dalam pemecahan masalah. Dalam artikel ini, beberapa sifat utama dari eksponen telah dibahas. Pahami sifat-sifat tersebut dengan baik agar dapat memecahkan masalah matematika yang lebih kompleks dan meningkatkan pemahaman tentang bilangan dan logaritma.

FAQs

1. Apakah bilangan pangkat nol?

Jawaban: Bilangan pangkat nol sama dengan 1.

2. Bagaimana cara menghitung hasil perkalian bilangan dengan eksponen yang sama?

Jawaban: Hasil perkalian bilangan dengan eksponen yang sama adalah bilangan pokoknya dikuadratkan, dan eksponennya ditambahkan. Contohnya, 23 x 24 = 27.

3. Apa yang dimaksud dengan logaritma?

Jawaban: Logaritma adalah fungsi matematika yang berkaitan dengan eksponen, dan digunakan untuk memecahkan masalah yang melibatkan eksponen.

4. Bagaimana cara menghitung hasil pembagian bilangan dengan eksponen yang sama?

Jawaban: Hasil pembagian bilangan dengan eksponen yang sama adalah bilangan pokoknya dibagi, dan eksponennya dikurangi. Contohnya, 106 ÷ 103 = 103.

5. Bagaimana cara menghitung akar eksponen suatu bilangan?

Jawaban: Akar eksponen suatu bilangan dapat dihitung dengan membagi eksponennya dengan bilangan pangkat kedua dari eksponen aslinya. Contohnya, 161/4 = √2 atau 2.

Baca Juga:  Cara Jual Chip Higgs Domino

You might like

About the Author: Sonya Paramitha