Tata Cara & Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Agustus 2022

3 Likes Comment

Selamat datang! Pada kesempatan ini, kita akan membahas tata cara dan jadwal puasa Ayyamul Bidh Agustus 2022. Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa sunnah yang dilakukan pada hari-hari tengah bulan baik pada bulan Hijriyah maupun Masehi. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang tata cara melaksanakan puasa Ayyamul Bidh dan jadwalnya di bulan Agustus tahun ini.

Apa itu Puasa Ayyamul Bidh?

Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunnah yang dilakukan pada hari-hari tengah bulan. Harinya berbeda-beda setiap bulan, tergantung pada peredaran bulan Hijriyah atau Masehi. Puasa ini tidak diwajibkan, tetapi dianjurkan untuk dilakukan karena memiliki banyak keutamaan dan keberkahan.

Tata Cara Melaksanakan Puasa Ayyamul Bidh

Berikut adalah tata cara melaksanakan puasa Ayyamul Bidh:

  1. Menetapkan niat
    Sebelum memulai puasa, penting untuk menetapkan niat dengan sungguh-sungguh. Niat ini harus ikhlas semata-mata karena Allah SWT.
  2. Menjaga kesunahan di hari-hari tengah bulan
    Selain berpuasa, disarankan untuk memperbanyak amal ibadah di hari-hari tengah bulan, seperti shalat sunnah, membaca Al-Qur’an, berdzikir, dan lain sebagainya.
  3. Melaksanakan puasa pada hari-hari tengah bulan
    Puasa Ayyamul Bidh dilakukan selama tiga hari pada hari ke-13, ke-14, dan ke-15 bulan Hijriyah atau Masehi.
  4. Melaksanakan puasa dengan istikamah
    Puasa ini harus dilakukan dengan konsisten dan istikamah. Jika tertunda pada salah satu hari, bisa dilaksanakan pada hari-hari berikutnya.

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Agustus 2022

Berikut adalah jadwal puasa Ayyamul Bidh di bulan Agustus 2022:

  • Hari ke-13 Agustus 2022 (Hijriyah) atau 25 Agustus 2022 (Masehi)
  • Hari ke-14 Agustus 2022 (Hijriyah) atau 26 Agustus 2022 (Masehi)
  • Hari ke-15 Agustus 2022 (Hijriyah) atau 27 Agustus 2022 (Masehi)
Baca Juga:  Tips Agar Warga 62 Merdeka Dari Covid 19 & Cacar Monyet

Pastikan untuk memperhatikan tanggal dan waktu yang sesuai dengan wilayah tempat tinggal Anda. Jika memungkinkan, berkoordinasilah dengan lembaga keagamaan setempat untuk mendapatkan jadwal yang akurat.

Puasa Ayyamul Bidh adalah kesempatan yang baik untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain mendapatkan pahala, puasa ini juga membawa berkah dan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk melaksanakannya.

Demikianlah informasi mengenai tata cara dan jadwal puasa Ayyamul Bidh Agustus 2022. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin melaksanakan puasa sunnah ini. Selamat berpuasa dan semoga kita selalu mendapatkan ampunan dan rahmat Allah SWT.

You might like

About the Author: Sonya Paramitha