Perbedaan Pemimpin dan Kepemimpinan dalam Organisasi

134 Likes Comment
Perbedaan Pemimpin dan Kepemimpinan dalam Organisasi

Istilah pemimpin dan kepemimpinan tentu telah seringkali didengar di tengah tengah masyarakat tanah air. Selain digunakan dalam bentuk lisan, istilah tersebut juga banyak didapati di berbagai media yang ada saat ini dalam bentuk tulisan. Lalu apakah kedua istilah tersebut memiliki makna atau arti yang sama? Mari simak ulasan mengenai perbedaan pemimpin dan kepemimpinan tersebut disini.

Apa itu Pemimpin dan Kepemimpinan?

Pengertian Pemimpin

Jika diartikan secara umum, isitilah pemimpin adalah sebutan yang disematkan kepada mereka yang memimpin sebuah kelompok. Tidak hanya itu, istilah ini dapat pula digunakan di ranah organisasi hingga keluarga. Seperti misalnya seorang ayah yang merupakan pemimpin dari istri dan anaknya. Dengan penggambaran inilah dapat dipahami bagaimana definisi dari istilah pemimpin itu sendiri.

Tugas yang Dimiliki Oleh Seorang Pemimpin

Dalam bahasa Inggris, istilah pemimpin dapat disebut dengan istilah leader. Dari alih abhasa tersebut juga dapat diperoleh mengenai tugas yang diampu oleh seorang pemimpin jika dilihat secara umum. Tugas yang dimiliki ini juga dapat dikatakan sebagai sebuah perbedaan kepemimpinan dan pemimpin yang selanjutnya. Salah satu tugas tersebut ialah loyality, yakni seorang pemimpin harus mampu membangkitkan loyalitas yang dimiliki oleh mereka yang dipimpin.

Selain itu, pemimpin pun akan dituntut untuk memberikan loyalitas dari diri mereka sendiri. Tugas yang lainnya adalah educate, yaitu seorang pemimpin harus mempu memberikan edukasi kepada orang orang yang dipimpinnya. Selanjutnya adalah tugas berupa advice, yaitu kewajiban dalam memberikan saran atau nasehat. Tugas yang terakhir adalah discipline, yakni mampu memberikan teladan akan sikap disiplin kepada orang orang di bawahnya.

Baca Juga:  Mengenal Perbedaan Bahan Alloy dan Titanium

Pengertian Kepemimpinan

Setalah membahas mengenai pemimpin, pada bagian ini akan dibahass mengenai makna dari kepemimpinan. Kepemimpinan sendiri merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seorang pemimpin. Kemampuan yang dimaksud ialah dalam hal mengendalikan, mempengaruhi tingkah laku orang lain sebagai upaya untuk meraih tujuan yang hendak dicapai. Definisi inilah yang menjadi perbedaan perbedaan pemimpin dan kepemimpinan paling utama.

Gaya dari Kepemimpinan Secara Umum

Jika pada pemimpin akan dikaitkan dengan tugas yang dimilikinya, pada istilah kepemimpinan ini akan dikaitkan dengan gaya yang ada di dalamnya. Gaya kepemimpinan ini juga dilihat secara umum atau garis besar tanpa melihat aspek tertentu yang melingkupinya. Salah satu gaya kepemimpinan yang paling terkenal adalah democratic leadership. Fokus dari gaya ini adalah untuk menciptakan suatu kepercayaan.

Pada gaya kepemimpinan tersebut juga lebih menitikberatkan pada kemampuan dalam menciptakan moral. Gaya yang selanjutnya adalah dictatorial atau juga disebut autocratic leadership. Berbeda dengan gaya yang sebelumnya, pada tipe ini seorang pemimpin akan lebih menitikberatkan pada pemaksaan demi kepentingan pribadi maupun golongan. Gaya yang berikutnya adalah paternalistic leadership.

Gaya tersebut menggabungkan kedua gaya yang telah dibahas sebelumnya. Dengan keadaan tersebut seorang pemimpin akan terlihat demokratis, namun sebenarnya diktator. Free rein leadership adalah gaya kepemimpinan yang terakhir. Pada gaya kepemimpinan ini menyerahkan kebijakan kepada bawahanya sebanyak 100% sesuai dengan ketentuan pokok yang ada. Dari ulasan ini, sudah tergambar perbedaan pemimpin dan kepemimpinan ?

Dari uraian yang telah disebutkan disini diharapkan dapat membantu memberikan pemahaman mengenai kedua jenis istilah berupa pemimpin dan kepemimpinan ini. Meskipun terlihat mirip dalam bentuk penulisannya, namun jika dikulik lebih pemimpin dan kepemimpinan dalam keduanya memiliki arti yang berbeda. Dari ulasan yang ada, dapat dikatakan pula bahwa seseorang bisa disebut sebagai pemimpin yang baik jika memiliki jiwa kepemimpinan di dalam dirinya.

Baca Juga:  Kenali Diri, Ini Perbedaan Introvert dan Extrovert

You might like

About the Author: Recca Wibisono

Market Analysis Enthusiast lulusan salah satu kampus negeri jurusan manajemen bisnis yang mempunyai hobi belanja